Liburan murah di Bandung adalah perjalanan yang sangat menarik untuk Anda coba, karena tidak terbatasi oleh budget liburan yang mengharuskan dengan budget yang mahal, untuk Anda para backpacker yang ingin liburan murah di Bandung pun dapat menjadikan kota Bandung sebagai salah satu pilihan destinasi/tempat wisata yang wajib di kunjungi.

Bandung merupakan kota yang biasa disebut Paris Van Java karena memiliki suasana yang mirip seperti di Paris. Bandung adalah kota yang menyuguhkan banyak sekali tempat wisata seperti alamnya, kulinernya, bangunan artistiknya dan tentu pusat perbelanjaannya.

Menurut data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung pada tahun 2016 adalah sekitar 5 juta wisatawan.  Lalu, pada tahun 2017, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Bandung, Ibu Dewi Kaniasari menyebutkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bandung naik menjadi 6,9 juta orang. Baik wisatawan domestik hingga turis asing. Sumber data: website Disbudpar Kota Bandung. 

Tidak heran, banyak yang membutuhkan informasi mengenai liburan murah di Bandung. Mulai dari perencanaan tujuan wisatanya, merencanakan anggaran biaya, dan lain-lainnya. Yuk kita mulai ceritanya.

Tips dan Trik Liburan Murah di Bandung

Tujuan wisata di Bandung sangatlah banyak. Tidak mungkin bisa kami bahas semuanya di dalam satu artikel saja. Jadi, kami akan coba bahas liburan murah di Bandung per studi kasus saja ya. Maksudnya ialah supaya pembahasannya lebih detail dan jelas.

Jika anda membutuhkan informasi atau ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Selain itu, kami juga hadir di Youtube, Instagram, dan Facebook. Kami persilakan untuk diskusi di jalur yang anda sukai.

Unsur Penyusun Biaya Liburan

Ketika mau berlibur, perencanaan anggaran keuangan untuk liburan sangat penting. Tidak peduli apakah anda akan traveling sendiri atau bersama keluarga sekalipun. Dengan mempunyai perkiraan biaya untuk berlibur, maka anda akan memiliki persiapan khusus.

Anda bisa mulai menyisihkan dana setiap bulan. Bisa dari gaji yang anda terima dari kantor, bisa menyisihkan sebagian profit usaha, bahkan bisa menyisihkan dari bonus yang anda terima dari tempat bekerja. Sumber pendanaannya bisa bermacam-macam.

Sebenarnya, untuk liburan murah di Bandung, perlu biaya berapa sih? Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah lebih baik jika kita mengetahui apa saja unsur yang menyusun biaya untuk berlibur. Ada beberapa biaya yang perlu anda ketahui sebelum anda berangkat liburan.

Biaya tersebut terdiri dari:

1 Biaya Transportasi

Salah satu unsur biaya liburan murah di Bandung ialah aspek biaya transportasi. Biaya transportasi terdiri dari banyak unsur. Semua ini akan kembali kepada pilihan dan kondisi yang dihadapi oleh setiap individu. Lebih suka menggunakan yang mana.

Beberapa bagian biaya transportasi meliputi:

  • Ongkos tiket angkutan umum seperti pesawat terbang atau kereta api menuju ke Bandung (jika anda membutuhkannya saja ya, kecuali anda pergi traveling keluarga ke Bandung memakai kendaraan pribadi);
  • Ongkos angkutan umum atau taksi online untuk transportasi di dalam kota Bandung (jika anda membutuhkannya);
  • Ongkos pembelian BBM untuk kendaraan pribadi;
  • Ongkos sewa kendaraan selama liburan di Bandung;
  • Ongkos pembelian bahan bakar untuk kendaraan yang disewa.
2 Biaya Penginapan

Unsur selanjutnya yang memakan porsi besar saat liburan murah di Bandung ialah biaya penginapan. Untungnya dengan banyaknya aplikasi pemesanan hotel online, anda bisa makin mudah untuk memilih hotel atau penginapan yang sesuai budget. Saat akan memilih hotel, anda sebaiknya bandingkan langsung harganya di beberapa aplikasi. Pilih yang penawarannya lebih murah.

Jika anda sendirian, tentu bisa lebih fleksibel dan bisa memilih tempat menginap yang relatif murah. Akan berbeda halnya jika anda berlibur bersama keluarga. Pilihan tempat menginap akan berbeda. Preferensi lokasi yang berbeda, fasilitas hotel yang berbeda, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

3 Biaya Konsumsi

Setelah biaya transportasi dan penginapan, unsur biaya berikutnya yang harus dipersiapkan ialah biaya untuk konsumsi. Konsumsi selama perjalanan liburan murah di Bandung bisa terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari biaya makan reguler untuk semua anggota keluarga, hingga biaya untuk membeli cemilan.

Jika tidak diperhitungkan dengan baik, biaya konsumsi bisa membengkak. Kegiatan selama liburan bisa terganggu hanya gara-gara biaya makan yang membengkak. Oleh sebab itu, dalam studi kasus kali ini, biaya konsumsi termasuk bagian yang akan coba kami bahas supaya perjalanan liburan murah di Bandung bisa berjalan dengan nyaman.

4 Biaya Tiket Masuk ke Tempat Wisata

Berikutnya, anda bisa mulai masuk ke biaya saat berada di tempat wisata. Ada banyak tempat wisata yang menarik biaya tiket masuk kepada para pengunjung. Pastikan anda sudah survey harga tiket masuk ke tujuan berlibur anda saat di Bandung.

Jika dirasa tiket masuknya terlalu mahal, anda bisa melakukan observasi ke tempat wisata lain yang tidak memberlakukan tiket masuk. Banyak tempat wisata di Bandung yang bisa anda nikmati secara gratis. Jadi, pantengin terus informasinya di blog Catatan Bunda, supaya anda tetap dapat updatenya 😀

5 Biaya Lain-lain

Selain beberapa unsur biaya di atas, anda perlu mempersiapkan biaya yang tidak terduga. Dalam perjalanan, kita bisa mengalami hal-hal yang tidak direncanakan sebelumnya. Nah, sebaiknya anda mempersiapkan budget khusus untuk menghadapinya.

 

Comments are closed.