Situ Cileunca yang berlokasi di Warnasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat adalah sebuah danau buatan dengan luas mencapai 1.400 hektar dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang indah. Selain difungsikan sebagai objek wisata, Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Air yang berasal dari danau tersebut dialirkan melalui Sungai Palayangan. Sungai ini pula yang sering dijadikan sebagai arena ber-arung jeram. Kedalaman danau mencapai 17 meter, dan sebelum tahun 1918, ini merupakan hutan belantara yang kemudian diubah menjadi situ, yang berfungsi melayani kebutuhan air masyarakat.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Situ Cileunca Pangalengan

Untuk dapat memasuki kawasan Wisata Situ Cileunca Pangalengan, kamu bisa datang kapanpun/ buka 24 jam. Sebaiknya datang di pagi hari agar bisa menikmati banyaknya wahana di wisata ini dengan leluasa.

Jika ingin masuk ke wisata ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar :

Karcis Tanda Masuk :

  • Orang Dewasa : Rp. 5.000/ orang
  • Anak-anak : Rp. 2.500/ orang
  • Mobil/ Bus : Rp. 4.000
  • Motor+Pengendara : Rp. 12.000

Paket Makan :

  1. Harga Paket : Rp. 25.000 – Rp. 35.000
  2. Rebusan/Gorengan : Rp. 15.000

Jelajahi Situ Cileunca Pangalengan

Tahun 1918, daerah yang sunyi dipenuhi pohon dan tanaman belantara ini dibuat danau buatan diatas ketinggian 1550 mdpl, dengan luas sekitar 1.400 Ha dan kedalaman mencapai 17 meter. Situ Cileunca merupakan danau buatan yang dibangun Belanda hingga tahun 1926.

Di area utama ini anda bisa menikmati Situ Cileunca dari pinggir danau. Namun, jika anda ingin menuju ketengah danau dan menjelajahi setiap sisi danau, disediakan fasilitas berupa perahu kayu yang dilengkapi dengan mesin. Harga yang ditawarkan untuk perahu ini sekitar Rp. 75.000 setiap perahunya dan dapat diisi sekitar 10 orang.

Dengan begitu jika perahu tersebut terisi penuh, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 7.500/ orang. Cobalah duduk di ujung perahu, sesekali jatuhkan kaki anda ke dalam air. Rasakan percikan dinginnya air yang mencoba untuk merelaksasi kaki di Danau yang tenang.

Rafting dan Outbound Pangalengan Situ Cileunca

Suka tantangan? kamu bisa mencoba wahana arung jeram atau rafting, lokasinya di Sungai Palayangan. Agar bisa menikmati wahana rafting ini biasanya kita ikut paket wisata yang disediakan oleh pihak pengelola. Jadi, anda bisa memilih paket dengan fasilitas tertentu dengan tambahan wisata outboundseperti flying fox, penginapan, makanan, dan lain-lain.

 

Rafting di Pangalengan

Rafting atau disebut dengan arung jeram merupakan kegiatan wisata yang masuk dalam kategori olahraga air. Rafting Pangalengan merupakan olahraga air yang menguji adrenalin yang begitu menegangkan sekaligus memberikan kesan tersendiri. Sebaiknya jika anda memilih kegiatan rafting pangalengan ini harus benar-benar dalam kondisi yang sangat prima.

Selain tubuh anda akan basah kuyup, kegiatan arung jeram juga membutuhkan banyak tenaga. Biaya RaftingPangalengan untuk satu kali perjalanan sebesar Rp. 175.000,- / orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya perahu, pemandu, P3K, transportasi lokal, konsumsi, dan pemandu. Sebelum mulai rafting, semua peserta akan diberikan pengarahan terlebih dahulu seputar keamanan dan instruksi-intruksi yang harus dipatuhi agar kegiatan berjalan dengan lancar. Secara umum, satu perahu bisa diisi maksimal 6 orang termasuk instruktur.

Selain arung jeram, Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan juga menyediakan fasilitas wisata outbond seperti flying fox, archery (panahan), Pangalengan Tour dan juga permainan paint ball yang sering di lakukan oleh para wisatawan. Aktvitas ini menambah daya tarik dari Situ Cileunca, selain bisa menikmati alamnya yang khas, juga bisa melakukan permainan yang bermanfaat untuk merekatkan hubungan antar tim kerja.

Maka tak heran kebanyakan wisatawan yang melakukan aktifitas ini adalah mereka yang berasal dari perusahaan atau organisasi dan unit pelayanan pemerintah.

Cek juga Paket Rafting dan Outbound di Cileunca Lakeside, di sini…

 

Comments are closed.